museumstunamiaceh1

Museum Tsunami Aceh

museumgunungmerapikaliurang1

Museum Gunung Merapi, Kaliurang

28/06/2011 Comments (0) Artikel Geologi Populer

Museum Gunung Merapi

museumgunungmerapi1
museumgunungmerapi1

Museum Gunung Merapi. Foto: SR. Wittiri

Seandainya letusan gunung api tidak membahayakan dan mengancam jiwa dan raga, pasti menjadi suatu tontonan menarik yang layak disaksikan. Ibarat pertunjukan kembang api pada malam tahun baru misalnya, banyak ditonton masyarakat karena menarik dan tidak berbahaya. Tetapi ada cara lain untuk menampilkan “keindahan” letusan gunung api yang aman dari bencana dan nyaman disaksikan. Keindahan gunung api ketika tidak meletus maupun pada saat terjadi letusan dapat dinikmati oleh siapa saja dari suatu bangunan yang khusus untuk itu, yaitu museum gunung api. Berangkat dari ide tersebut dan upaya menarik wisatawan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbagi memiliki Gunung Merapi, jeli melihat peluang tersebut dengan mendirikan bangunan untuk melihat peristiwa letusan gunung api, khususnya Merapi. Museum Merapi milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dikenal dengan Ketep Pass, sedangkan milik Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan Museum Merapi. Materi yang dipertunjukkan pada museum tersebut atas kerjasama dengan Badan Geologi. Materi atau bahan peraga berupa foto, maket, peta, peralatan pemantau gunung api dan sebagainya.

museumgunungmerapi2

Museum Gunung Merapi, Ketep Pass

Museum Gunung Merapi, Ketep Pass

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah mendirikan bangunan sebagai tempat pertunjukan aktraksi Merapi di Desa Ketep, Kabupaten Magelang, itulah sebabnya diberi nama Ketep Pass, berlokasi di lereng Gunung Merbabu bagian timur pada ketinggian 1200 m dpl, sekitar 30 km dari Kota Magelang. Luas lahan, termasuk bangunan, 8000 m3.

Obyek Wisata Ketep Pass secara khusus menampilkan wisata alam kegunungapian, khususnya Gunung Merapi diresmikan pada 17 Oktober 2002 oleh Presiden RI, Megawati Soekarno Putri.

museumgunungmerapi3

Selamat Datang di Desa Ketep, tempat memandang Gunung Merapi, the place of Merapi view.

Bangunan ini terbagi dua, satu bangunan khusus untuk pertunjukkan film tentang Merapi yang diberi nama Ketep Volcano Theater dan yang lainnya untuk peragaan foto, maket, sistem peringatan dini, mitigasi bencana gunung api, dan sebagainya yang dikenal dengan Ketep Volcano Centre.

museumgunungmerapi5

Ketmuseumgunungmerapi4ep Volc ano Theater ad alah suatu bangunan tempat pemutaran film mengenai aktivitas Gunung Merapi, antara lain dari mana memulai pendakian, ada apa di puncak, dan sep erti apa apabila Merapi meletus. Kapasitas pengunjung setiap pertunjukan 78 kursi. Ketep Volc ano Centre suatu bangunan berukuran 550 m2 memperagakan foto letusan Merapi, terutama awan “wedhus gembel” panas yang sangat fenomenal.

Salah satu sudut menampilk an Mitigasi Bencana Gunung Api, memperagakan Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi dalam bentuk peta dan maket, sistem peringatan dini letusan gunung api, dan sebagainya.

museumgunungmerapi6

Puncak Sundoro, Sumbing, dan Dieng muncul di balik awan. Foto: SR. Wittiri

Apabila pemerintah Jawa Tengah bertujuan memperkenalkan atau memberikan pendidikan mengenai Gunung Merapi kepada masyarakat luas, maka niat tersebut pada hakekatnya sudah sebagian besar sudah terpenuhi. Tetapi kalau tujuannya memperkenalkan mitigasi bencana gunung api, sebagaimana yang tertera pada salah satu bangunan, maka baru menyentuh sisi luarnya. Betapa tidak, gedung ini berdiri di lereng Merbabu, gunung api Tipe B kembaran Merapi, tetapi tidak satupun informasi mengenai Gunung Merbabu. Dari lokasi ini juga, apabila cuaca cerah, dapat disaksikan puncak Gunung Sundoro, Gunung Sumbing, dan GunungDieng muncul di balik awan, sekali lagi, tidak satupun informasi, baik berupa buku atau lainnya mengenai gunung api tersebut, padahal gunung api tersebut berada di dalam wilayah Jawa Tengah.

Disarankan, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Wisatawan yang berkunjung ke Ketep untuk melihat Merapi, sekaligus pulang membawa pengetahuan tambahan tentang gunung api lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>