Geowisata-61

Geowisata di Bumi Sejuta Sapi

Mengabadikan-1

Mengabadikan Riwayat Bumi

07/05/2014 Comments (0) Resensi Buku

Inspirasi Investasi dari Sebuah Buku Tua

Inspirasi-76
Minerals and Mining in Indonesia

Minerals and Mining in Indonesia

Informasi Resmi untuk Investasi
Karena pertambangan akan menjadi tumpuan modal pembangunan, dengan pilihan membuka investasi asing, maka haruslah ada suatu informasi resmi dari Pemerintah yang menjelaskan tentang bahan-bahan tambang Indonesia dan peluang untuk berinvestasi. Informasi itu harus tepat, mutakhir, dan resmi; sehingga para calon investor dapat mempercayainya dan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

Prof. Dr. Sumantri Brodjonegoro, Menteri Pertambangan Republik Indonesia saat itu, menugaskan Soetarjo Sigit, seorang ahli geologi pertambangan, untuk menulis buku yang berisi informasi mutakhir, tepat, bisa dipercaya tentang bahan tambang Indonesia. Buku ini akan merupakan publikasi resmi Kementerian Pertambangan. Soetarjo Sigit saat itu sedang bertugas sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertambangan. Sebelumnya, Soetarjo Sigit adalah Kepala Jawatan Geologi dari tahun 1959-1967, sekaligus merupakan kepalaJawatan Geologi yang pertama. Ini merupakan penugasan yang tepat karena Soetarjo Sigit adalah seorang ahli geologi yang menekuni pertambangan.

Maka Pak Soetarjo Sigit pun mengumpulkan beberapa teman dari Jawatan Geologi untuk samasama menyusun buku tersebut. Terkumpullah para penulis buku itu, yaitu Soetarjo Sigit sendiri, M.M. Purbo-Hadiwidjojo, Bambang Sulasmoro, dan Suharsono Wirjosudjono.

Maka usaha untuk menulis buku dengan data yang lengkap dan mutakhir pun dilakukan. Sebanyak 82 laporan dan publikasi penelitian geologi dan pertambangan di Indonesia Inspirasi048dari zaman Belanda dipelajari dan dirujuk. Data-data mutakhir dari perusahaan-perusahaan negara di bidang minyak, batubara, dan pertambangan umum dikumpulkan, misalnya dari P.N. Pertamina, P.N. Tambang Timah, P.N. Tambang Batubara, dan P.N. Aneka Tambang.

Akhirnya, oleh keahlian dan pengalaman para penulis buku ini, selesailah sebuah buku resmi Kementerian Pertambangan yang mutakhir, komprehensif namun ringkas, informatif. Judul buku tersebut Minerals and Mining in Indonesia (Soetarjo Sigit dkk., Juli 1969).

Informasi Ragam Tambang Indonesia
Minerals and Mining in Indonesia adalah sebuah tamasya ilmiah dan bisnis geologi pertambangan di seluruh kawasan Indonesia dalam 123 halaman yang dilengkapi dengan gambar, peta, foto, dan tabel. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pertambangan. Buku ditulis dalam bahasa Inggris karena buku memang terutama ditujukan sebagai publikasi resmi bagi kalangan investor asing untuk menarik minat mereka menanamkan modalnya di Indonesia.

Buku tersebut meliputi empat bab. Bab I memberikan informasi tentang Indonesia secara umum serta memberikan gambaran status mutakhir pertambangan di Indonesia, terutama bahan tambang utama yang meliputi minyak, timah, bauksit, bijih besi, emas, perak, dan batubara.

Selanjutnya, Bab II hingga Bab IV adalah keterangan lebih rinci tentang berbagai aneka bahan tambang yang sudah diusahakan maupun potensial di Indonesia. Sebagai ahli geologi, para penulis sedapat
mungkin selalu mengemukakan latar belakang geologi kejadian bahan tambang di Indonesia, lokasi dan area potensialnya, sejarah penambangannya, dan statistik cadangan, serta produksi sampai status mutakhir saat itu (1968).

Meskipun buku ini terutama ditujukan bagi kalangan investor asing, siapa pun dapat memetik manfaat dengan membaca buku ini. Para mahasiswa geologi dan pertambangan misalnya, dapat sangat memanfaatkan buku ini untuk mengetahui kekayaan bahan tambang negerinya. Masyarakat juga bisa mengetahui status mutakhir pengusahaan aneka bahan tambang di Indonesia.

Mengapa mutakhir? Sebab buku yang diterbitkan pada tahun 1969 ini memuat semua data produksi bahan tambang sampai akhir 1968. Mengapa lengkap? Sebab buku ini membahas banyak hal, mulai dari latar belakang geologi, regulasi pengusahaan pertambangan, ringkasan usaha pertambangan diIndonesia, hingga banyak sekali bahan tambang di Indonesia. Referensi yang lengkap, pedoman untuk konversi satuan, 14 peta, 34 tabel cadangan dan produksi bahan tambang, serta 15 foto sangat membantu pemahaman dan menyediakan informasi yang rinci tentang geologi dan aneka bahan tambang Indonesia. Meskipun komprehensif, keterangan dalam buku ini disiapkan secara ringkas tapi padat, sehingga para calon investor mendapatkan gambaran lokasi untuk berinvestasi dalam pertambangan Indonesia.

Buku ini mestinya telah menjadi inspirasi investasi pertambangan di Indonesia pada masanya sebab masa-masa sesudahnya investasi pertambangan Indonesia meningkat signifikan. Kini, 45 tahun kemudian, buku ini menjadi saksi sejarah eksplorasi mineral yang bernilai tinggi. Selain itu, karena di dalamnya memuat juga keterangan tentang kejadian geologi bahan tambang dan lokasi-lokasinya, buku ini tetap dapat bermanfaat, dan dapat menjadi inspirasi para ahli geologi masa kini.

 Penulis resensi adalah seorang ahli geologi, bekerja di SKK Migas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>